Sabtu, 22 November 2014
Tribun Manado

Hari Ini Gempa Vulkanik Sampai 20 Kali

Sabtu, 9 Juni 2012 18:38 WITA

Hari Ini Gempa Vulkanik Sampai 20 Kali
www.budisusilo85.blogspot.com
TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON-- Pasca ‘batuk’ (meletus) dengan memuntahkan abu vulkanik setinggi 600 Meter ke angkasa, Kamis (7/6) lalu sekitar pukul 18.10 Wita, aktivitas Gunung Lokon masih terus berlanjut hingga, Sabtu (9/6).

Farid Bina, Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon, kepada Tribun Manado, kemarin mengatakan gempa dalam dan dangkal yang mengindikasikasikan adanya supply energi besar di pusat aktivitas Kawah Tompaluan masih terus terjadi. "Hari ini lebih kurang dari 20 kali gempa vulkanik dalam dan dangkal terekam pada Sesmograf, yang mengindikasikan adanya supply energi," jelasnya.

Adanya supply energi itu menurut dia masih memungkinkan terjadinya letusan lagi. "Soal kapan dan berapa besar letusan akan terjadi, tak bisa diketahui pasti. Tapi, pantauan tetap kami intensifkan di Pos Pemantau, untuk mendeteksi gejala-gejala terjadinya letusan, sehingga dapat diberikan informasi lebih awal jika ada indikasi membahayakan," kata Farid.

Tak hanya gempa vulkanik saja yang terekam, tapi tremor juga secara terus menerus. "Jadi Gunung Lokon masih tetap berstatus siaga, belum ada perubahan," tegasnya.

Ia  mengimbau warga tetap waspada, dengan menjauhi radius bahaya 2,5 Kilometer yang telah ditetapkan. "Dilarang beraktivitas disana, apalagi sampai melakukan pendakian mendekati Kawah, sangat berbahaya,” ungkap Farid.

Terpisah, Kapolres Tomohon AKBP Marlien Tawas menegaskan pihaknya masih terus bersiaga untuk mengantisipasi ancaman terburuk, akibat letusan Gunung Lokon.

"Personil tetap disiagakan, termasuk peralatan juga untuk kepentingan evakuasi warga jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Kami terus memantau dan berkoordinasi dengan petugas Pos Pemantau, untuk mendapat informasi akurat soal kondisi Lokon, jadi jangan percaya isu menyesatkan yang dapat meresahkan warga," tukasnya.
Penulis: Warsteff_Abisada

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas