• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Manado

PN Airmadidi Gelar Sidang Lokasi di PLTA Tanggari

Jumat, 1 Juni 2012 17:40 WITA
TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Pengadilan Negeri Airmadidi menggelar sidang lokasi di Faslitas PLTA Tanggari I, Desa Tanggari, Kecamatan Airmadidi, Minahasa Utara (Minut), Jumat (1/6) siang.

Lokasi itu kini disengketakan oleh 10 ahli waris warga, dengan PLN sebagai tergugat. Siang kemarin, Majelis Hakim yang dipimpin Lucky Kalalo mengadakan sidang lokasi, meninjau keberadaan tanah itu.

Adapun, warga yang datang ke lokasi membawa poster bertuliskan, slogan-slogan mengecam PLN. Mereka menuntut ganti rugi senilai Rp 10 miliar.

Warga mengecam harga pembebasan lahan oleh PLN hanya senilai Rp 35 per meter bujursangkar.

Saat sidang berlangsung, para ahli waris berdiri mengangkat poster kecaman. Mereka berdemonstrasi dengan tertib dan damai. Sebelumnya ada ketakutan dari pihak PLN atas kehadiran warga di sidang lokasi. Warga pun sempat dihalangi sekuriti ketika memasuki fasilitas PLTA. Namun, keinginan warga tak bisa dibendung, mereka memaksa menerobos.

Sebagai antisipasi pihak kepolisian diundang untuk mengamankan. Belakangan menyaksikan aksi warga yang berlangsung damai, Polisi pun akhirnya tak ikut dilibatkan.

Jalannya sidang berlangsung singkat, tak sampai satu jam. Majelis hakim, memantau peta lokasi, dan mengonfirmasi ke PLN soal letak dan batas tanah. Akhirnya majelis hakim memastikan, bahwa tanah yang kini dikuasai PLN, dulunya dimiliki penggugat.

Letak permasalahannya, yang juga menjadi materi gugatan, ungkap majelis hakim, terletak pada ganti rugi lahan yang dirasa penggugat tak sesuai. "Sidang akan dilanjutkan Kamis depan, kami meminta, agendanya pemeriksaan saksi, penggugat dan tergugat menyiapkan saksi masing-masing," ungkap Kalalo sebelum mengakhiri sidang.

Pihak PLN sendiri pun enggan dikonfirmasi soal sengketa lahan tersebut, kendati telah menyiapkan dua pengacara. (ryo)
Penulis: Ryo_Noor
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
70524 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas