Senin, 22 Desember 2014
Tribun Manado

Mokoginta : Djelantik Berbohong

Selasa, 22 Mei 2012 19:14 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Robin Tanauma

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
- Drs H Muh Mokoginta, mantan Sekretaris Kota Kotamobagu juga sebagai ketua panitia penerimaan seleksi CPNS daerah Kota Kotamobagu dan Drs H Idris Manoppo, mantan Kepala BKDD Kotamobagu juga sebagai sekretaris panitia, mengakui Djelantik Mokodompit selaku Wali Kota Kotamobagu berbohong.

Mokoginta, menjelaskan kebohongan Djelantik Mokodompit, saat dia tidak mengakui adanya titipan nama-nama untuk diluluskan dalam scanning penerimaan CPNS saat itu.

"Dia (Djelantik) berbohong, justru nama-nama titipannya yang diloloskan, dan dia tidak mengakuinya, kami ini justru yang jadi getahnya," ungkap Mokoginta usai penundaan sidang pledoi (pembelaan) mereka, Selasa (22/5/2012)

Sementara Syamsu Soeleman penasehat hukum terdakwa, mengakui wali kota Kotamobagu, Djelantik Mokodompit adalah penanggungjawab akhir dalam kelulusan CPNSD KK tahun 2009.

Soeleman juga menantang Wali Kota Kotamobagu Djelantik Mokodompit, untuk menyatakan dasar hukum mana yang dipakai bahwa yang bertanggungjawab sepenuhnya dalam hal penentuan kelulusan CPNS hanya pada panitia.

"Dalam aturan BKN No 30 tahun 2007, tanggung jawab sepenuhnya Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Daerah Kota Kotamobagu atas pelaksanaan pengadaan CPNSD 2009 di Pemkot Kotamobagu, dan PPK adalah Wali Kota," jelas Soeleman.

Soeleman juga meragukan pemeriksaan awal tersebut di kepolisian yang tidak membawa nama Wali Kota dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). "Ada apa dibalik ini? Semua masih misteri," ujarnya.

Soleman, mengakui setelah ditandatangani oleh PPK maka berkas semua calon pegawai negeri yang dinyatakan lulus sudah boleh diumumkan ke umum,

"setelah ada tandatangan PPK maka tanggung jawab panitia sudah tidak ada," ujar soeleman

Ditambahkan Soeleman, kalaupun terdapat adanya masalah, kenapa wali kota sudah menandatangani berkas kelulusan yang ada.
Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas