A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Lima Ribu Penari Siap Pecahkan Rekor - Tribun Manado
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 26 Juli 2014
Tribun Manado

Lima Ribu Penari Siap Pecahkan Rekor

Senin, 21 Mei 2012 21:16 WITA
TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Tanggal 23 Mei 2012, Kotamobagu genap lima tahun sebagai daerah otonom. Beberapa rangkaian kegiatan mulai disiapkan menyambut hari jadi daerah ke lima tersebut. Termasuk pemecahan rekor penari terbanyak pada Tari Dana-dana.

WAKTU sudah menunjukkan pukul 15.00 wita, Senin (21/5/2012). Namun, sore itu matahari masih menyengat ribuan anak-anak dari 75 sekolah dasar (SD) dan 13 sekolah menengah pertama (SMP) yang sedang berlatih Tari Dana-dana di Alun-alun Kotamobagu.

Rama Paputungan (11) bersama dua karibnya, Muhammad Fadlan Palalu (11) dan Al Mudatsir Mokodompit (10) terlihat beberapa kali menyeka keringat di wajah mereka di sela latihan tersebut. Saat jeda, mereka tampak membasuh mukanya dengan air minum yang mereka bawa.

"Panas, tapi saya senang. Banyak sekali teman-teman dari sekolah lain yang datang," ujar Rama yang masih duduk di Kelas V SDN 2 Gogagoman, Kotamobagu.

Rama dan dua rekannya tersebut merupakan bagian dari ribuan penari dalam upaya pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada HUT ke-5 daerah Kotamobagu. Koordinator pemecahan rekor, Meiscke Ellen Kinontoa, mengatakan, awalnya target penari tiga ribu orang. "Sekarang menjadi lima ribu penari," ujar guru di SMAN 2 Kotamobagu ini.

Perempuan yang biasa disapa Ci Mei ini mengakui agak kesulitan untuk mengatur penari dalam jumlah yang banyak. Apalagi, sebagian penari juga baru belajar.

Selain itu, ada beberapa bagian tarian untuk membentangkan spanduk. Namun demikian, dia optimistis pemecahan rekor bisa dilakukan.

Ci Mei menjelaskan Tari Dana-dana merupakan doa yang disertai dengan gerakan-gerakan menari. "Pada pementasan yang rencanaya dilaksanakan setelah upacara, doa dikhususkan untuk kemajuan Kotamobagu," tambah dia.

Kepala Bagian Humas Pemkot Kotamobagu Agung Adati mengatakan, bukan hanya pemecahan rekor yang dikejar dalam kegiatan tersebut. "Ini juga merupakan bagian pewarisan kebudayaan kepada anak-anak. Kalau dulu kan, Tari Dana-dana ini hanya dilakukan orang-orang tua saja," tambah dia.

Terpisah, Sekretaris HUT ke-5 daerah Kotamobagu Ahmad Zulfi Mokodompit mengatakan akan ada serangkaian kegiatan yang akan dimulai Selasa (22/5/2012).

Kegiatan mulai dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Mongkonae, lomba kesenian antar SKPD sampai Pesta Rakyat di Lapangan Mogolaeng. (edi sukasah)
Penulis: Edi_Sukasah
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas