Jumat, 29 Mei 2015

Upss..Banyak Ayah di Korea Selatan Kesepian

Jumat, 18 Mei 2012 10:18

Tak seperti rekannya di kantor di satu kota Korea Selatan, Choi Chang-youn "ngeri" menghadapi berakhirnya setiap hari kerja, saat ia terpaksa pulang ke rumahnya yang sepi tanpa penghuni.

"Saya merasa sangat kesepian sebab tak ada istri serta anak-anak saya yang menunggu saya pulang," kata administratur yang berusia 45 tahun tersebut di rumahnya di kota Cheongju, 120 kilometer di sebelah selatan ibu kota Korea Selatan, Seoul. "Cuma ada kegelapan."

Choi adalah salah seorang dari "legiun ayah yang terus bertambah" yang mengirim keluarga mereka ke luar negeri saat anak mereka menginjak usia remaja.

Mereka berharap tindakan itu bisa membantu mereka keluar dari sistem pendidikan Korea Selatan yang sangat menekan dan belajar bahasa Inggris. Dengan begitu, anak mereka bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi serta lebih baik, dan tentunya pekerjaan yang juga lebih baik.

Istri mereka pergi bersama anak mereka, sehingga para ayah–yang dikenal sebagai "goose father" dalam ungkapan lokal–ditinggalkan untuk bekerja dan membiaya seluruh kegiatan tersebut.

"Saya mengirim dua putra saya, satu belajar di kelas sembilan dan satu lagi di kelas enam sekarang ke Michigan bersama istri saya tahun lalu," kata Choi.
"Saya ingin mereka menikmati masa sekolah mereka, memperoleh beragam pengalaman dan bukan berkutat menghadapi ujian sepanjang tahun. Itulah yang dilakukan sebagian besar pelajar di sini," ia menambahkan sebagaimana dikutip Reuters–yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat pagi.

Julukan "goose father" merujuk pada kunjungan berkala yang dilakukan oleh para ayah ke keluarga mereka yang berada jauh di luar negeri, cara angsa bermigrasi setiap tahun. Sementara itu julukan lain, "eagle father", adalah pria yang cukup kaya untuk berkunjung setiap waktu mereka mau, sedangkan "penguin father" tak tahu kapan pertemuan berikut akan terjadi.

Halaman123
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas