Minggu, 1 Maret 2015

Manado Kota Tersulit Mendirikan Usaha di Indonesia

Jumat, 18 Mei 2012 09:04 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengaturan kebijakan usaha di berbagai daerah di Indonesia masih satu atap dalam kerangka kebijakan nasional namun fakta di lapangan masih terdapat perbedaan.   

Hal ini dikatakan oleh Sandra Pranoto, Operations Officer Investment Climate International Finance Corporation (IFC) Indonesia kepada tribunmanado.co.id, melalui telepon genggamnya, Rabu (9/5/2012).

Menurutnya, walau tunduk pada kerangka kebijakan nasional yang sama dalam pengaturan kebijakan usaha di seluruh Indonesia.

"Ternyata masih terdapat perbedaan yang cukup nyata di antara kota-kota yang diukur," tutur perempuan berkulit sawo matang ini.

Ia menjelaskan, proses desentralisasi yang dimulai satu dekade yang lalu memberikan kewenangan penuh pada pemangku pemerintah setempat. "Diberikan kepada pemerintah daerah untuk menerbitkan perizinan usaha," katanya.

Hasilnya, ungkap dia, pemerintah daerah memberlakukan praktek-praktek perizinan usaha mereka sendiri dan mengimplementasikan peraturan nasional secara berbeda-beda.

"Kadang masih ada kebijakan yang kurang baik, tidak bersahabat dengan iklim usaha," tuturnya.

Halaman12
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas