Sabtu, 22 November 2014
Tribun Manado

137 Siswa Ikut Seleksi Paskibraka

Senin, 14 Mei 2012 18:52 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG
- Sebanyak 137 siswa tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) mengikuti seleksi pasukan paskibraka, di markas Kompi Senapan C Yonif 712 Pondang selama tiga hari.

Seluruh siswa tersebut merupakan perwakilan sekolah se Minahasa Selatan."Mereka sudah melewati seleksi di sekolah masing-masing, kamudian dikirim di sini, untuk seleksi tingkart kabupaten," jelas Jhonny Wariki Kepala Seksi Pemuda dan Olahraga, Senin (14/5).

Siswa-siswa ini, digembleng oleh tim yang melibatkan unsur TNI, Polisi, purna paskibraka, dan dari Disdikpora sebagai penanggungjawab."Mereka diseleksi selama tiga hari di sini," ucapnya.

Selama masa seleksi, seluruh siswa selain diberikan latihan baris berbaris, ada materi lain yang diberikan kepada mereka, termasuk pembinaan mental."Setiap hari mereka latihan selama 10 jam, dengan materi PBB, kepaskibrakaan, juga mental sikap dan prilaku," kata dia.

Ia menambahkan, para calon paskibraka ini akan diuji nakrkoba."Karena yang akan terpilih nanti harus dipastikan tidak terlibat dalam narkoba," ucapnya.

Dari 137 siswa nanti, akan mengerucut menjadi 32 orang."Tiga puluh orang akan melaksanakan tugas pada upacara 17 Agustus nanti, dan dua siswa akan mewakili Minsel, seleksi di tingkat Provinsi," jelasnya.

Dari 30 yang tersaring nantinya, akan diseleksi 16 orang di antaranya, untuk mengikuti diklat paskibraka tingkat kabupaten.

Ia berharap agar utusan Minsel nanti bisa berbicara di tingkat provinsi, atau lebih baik jika bisa tembus bersaing di tingkat Nasional."Pastinya kami persiapkan sebaik mungkin di sini, dan akan mengirimkan yang terbaik," tuturnya.
Penulis: Alpen_Martinus

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas