Senin, 22 Desember 2014
Tribun Manado

Arif: Untungya Nge-blog Bisa Perluas Pergaulan

Minggu, 6 Mei 2012 19:51 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Budi Susilo

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
- Perkembangan teknologi terus dinamis, banyak orang telah memanfaatkannya seperti fenomena bloger, situs yang berisikan tentang catatan berbagai hal di dunia maya. 

Satu di antaranya Arif Rahman Igirisa, Bloger yang juga Admin dari www.FLPSulut.wordpress.com, menuturkan, membuat blog bagian dari kebutuhan. Ada banyak keuntungan memiliki blog.

"Blog yang saya kelola itu blog komunitas Forum Lingkar Pena. Yang pemanfaatannya buat semua personel komunitas kami," ujarnya kepada tribunmanado.co.id, di MAN Model Tuminting, Minggu (6/5/2012).

Satu di antara keuntungan punya blog bagi komunitas, dapat memperluas jaringan dan pergaulan. Rasanya masih kurang dan belum cukup jika FLP itu hanya bergerak di dunia nyata, karena sifatnya terbatas. "FLP bisa dikenal luas. Lewat dunia maya FLP dapat diketahui oleh masyarakat dunia," katanya.

Pria berkulit sawo matang ini menambahkan, adanya blog menandakan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

"Biar dianggap gaul gitu. Kalau gaptek (gagap teknologi), kesannya gak gaul," ujarnya yang sejak tahun 2000 mengelola blog FLP Sulut.

Lalu apa manfaat bagi mereka yang melihat dari blog www.FLPSulut.wordpress.com. Arif menjawab, FLP akan diketahui banyak tentu orang-orang pun akan berminat bergabung di FLP karena ragam kegiatan positifnya. "Yang tadi tidak suka menulis, lihat kegiatan di blog FLP orang bisa terpacu mau menulis, bisa hasilkan buku novel," terangnya.   

Namun, hal yang paling menyedihkan dalam mengelola blog itu apabila terjadi gangguan jaringan internet. Bila putus jaringan, maka tidak bisa berkutik, bisa membuat mati gaya.

"Apalagi kalau lalod (lambat) jaringan bisa memutus konsentrasi kita kalau mau buat ide-ide tulisan," kata Arif.

Blog tersebut, urai Arif, berisi berbagai hal kegiatan dan hasil karya anak-anak FLP Sulut dalam menggarap dunia novel. Semua hal-hal tentang FLP Sulut, baik itu yang sifatnya sederhana maupun bombastis dimuat di blog, ibaratnya blog www.FLPSulut.wordpress.com, itu jadi buku catatan harian komunitas FLP.

"Semua terangkum di blog. Jadi kalau kita mau tahu dan ingin membuka catatan kegiatan FLP Sulut tinggal browsing di situs pencari, pasti ketemu," ungkapnya. (bdi) 

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas