• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Manado

Polres Siagakan Dua Truk Evakuasi

Rabu, 2 Mei 2012 22:22 WITA
Polres Siagakan Dua Truk Evakuasi
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
Petugas pemantau serta Danramil Tomohon Kapten Kavaleri Ahmad Nurdin pantau Lokon.
Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisadda

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON
- Sehari setelah terjadi letusan besar dengan memuntahkan abu vulkanik setinggi 2 ribu meter, aktivitas Gunung Lokon kembali menunjukkan peningkatan, Rabu (2/5/2012).

Farid Bina, Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon mengatakan sejak pagi ratusan gempa vulkanik yang mengindikasikan adanya supply energi besar, terus terekam pada sesmograf. Misalnya, sejak pukul 06.00-12.00 Wita, terekam 35 kali gempa vulkanik dalam, 121 gempa dangkal, 3 kali embusan dan gempa tremor terus menerus dengan amplitudo dominan 7 milimeter.

“Adanya supply energy tersebut, masih memungkinkan terjadinya letusan besar lagi, tapi kapan waktunya, saya juga tidak bisa memastikan. Sebab, yang bisa dilakukan hanyalah mengantisipasi saja, dengan melihat gejala-gejalan kemungkinan terjadinya letusan,” jelas Farid kepada Tribun Manado.

Kendati pada beberapa letusan terakhir, dampak langsung Gunung Lokon belum terasa di Kota Tomohon, namun Farid berharap warga terutama mereka yang berada di dekat zona bahaya 2,5 Km tidak terlena, dan menganggap remeh. Tapi, terus meningkatkan kewaspadaan sebab ancaman bahaya akibat letusan masih mungkin terjadi.

“Memang dampak negatif akibat letusan belum banyak dirasakan masyarakat Tomohon, misalnya abu vulkanik. Meski materialnya cukup banyak dimuntahkan, tapi tertiup angin dan jatuh ke daerah lain. Jadi, harus berhati-hati, dengan tidak mendekati radius bahaya, karena Gunung Lokon masih siaga,” tegas Farid.

Terpisah, Kapolres Tomohon AKBP Marlien Tawas menegaskan pihaknya tetap menyiagakan personil di dekat zona bahaya, bersama 2 truk Dalmas, untuk membantu evakuasi warga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Ada 2 truck Dalmas yang disiapkan Polres Tomohon, untuk melakukan evakuasi warga jika dibutuhkan segera, termasuk juga mengamankan lokasi yang nantinya ditinggalkan dari aksi kejahatan,” kata Komandan Komando Siaga Darurat Gunung Lokon itu.

Royke Roeroe, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kota Tomohon menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan sedikitnya 23 lokasi pengungsian untuk mengamankan warga, jika eskalasi ancaman Gunung Lokon meningkat. Tak hanya itu, rambu-rambu penunjuk arah untuk mempermudah evakuasi juga disiapkan.
Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas