Senin, 3 Agustus 2015

Mahasiswa Unsrat Temukan Obat Anti Kanker

Senin, 23 April 2012 22:35

Falles The, peserta debat dari farmasi Fmipa Unsrat, mengatakan, penemuannya adalah Kapsul anti kanker dari sediaan daun tapak darah putih pencegah kanker.

"Kami menemukan obat anti kanker dengan formulasinya dari daun tanaman tapak darah putih, kemudian dijadikan kapsul yang dapat langsung diminum melalui beberapa tahapan,  " ujarnya kepada Tribun Manado Senin (23/4/2012).

Falles mengatakan, hasil temuan kapsul anti kanker ini merupakan ide bersama dari beberapa mahasiswa farmasi Fmipa Unsrat.

"Penemuan ini berawal dari hasil penelitian seorang dosen biologi yaitu Dinse Pandiangan, tetapi penelitiannya baru sebatas penemuan zat aktif anti kanker yang ada di tanaman tapak darah putih, sehingga kami sebagai mahasiswa farmasi Unsrat memiliki ide agar bisa dijadikan sebagai obat yang dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat. , " ujarnya

Ayu Malinde, peserta debat dari farmasi Fmipa Unsrat, mengatakan, penemuan produk ini memiliki mekanisme secara ilmiah.

"Dengan mekanisme anti mitosis yaitu mencegah pembelahan sel-sel ganas pencetus kanker. sehingga melalui zat-zat aktif seperti Vinblastein, Vikristin, dan alkaloid dari daun tanaman tapak darah ini, dapat mematikan pembelahan sel kanker melalui apoktosis atau kematian sel secara terprogram, " ujarnya

Menurut Ayu, penemuan ini memiliki proses mulai dari bahan baku daun tapak dara sampai menjadi suatu kapsul.

Halaman12
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas