Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Manado

Honda yang Lolos Verifikasi Masih Berpotensi Gugur

Rabu, 11 April 2012 20:00 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG
-  Meski sudah keluar pengumuman 109 nama honorer daerah (Honda) yang lolos verifikasi badan kepegawaian nasional (BKN) dan kementrian pendayagunaan dan aparatur negara reformasi birokrat (Kemenpan RB) untuk pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) namun belum ada kepastian akan terangkat atau tidak.

Pasalnya, para honorer tersebut masih akan melalui tahap verifikasi data ulang."Saat uji publik ini, kami menampung semua komplain dari masyarakat dan kami juga akan melakukan verifikasi ulang keabsahan berkas, setelah itu kami kirimkan keduanya bersamaan ke BKN Pusat," Kepala BKDD Minsel Jootje Dehoop melalui Kabid Perancanaan dan Mutasi Jabatan Sonny Sagai, Rabu (11/4/2012).

Jadi menurutnya, tahapan tersebut masih panjang, sehingga pengumuman yang ada belum menjadi jaminan mereka lolos menjadi CPNS."Karena mereka belum masuk data base di BKN Pusat, nanti data base kalau sudah lolos murni," jelasnya.

Ia menambahkan, Honda akan tercatat di data base BKN Pusat ketika dikeluarkannya pemeriksaan ulang."Dari BKN Pusat nanti akan mengeluarkan persetujuan untuk diangkat jadi CPNS," ujar dia.

Setelah itu, BKN Pusat akan mengirimkan hasilnya ke BKDD."Setelah itu, baru akan diusulkan ke BKN untuk dapat persetujuan teknis dari BKN Regional untuk diangkat jadi PNS, setelah itu kemudian diterbitkan SK CPNS," jelas dia.

Saat ini, BKDD masih sementara menunggu laporan kembali honorer yang lolos, juga sementara menampung komplai dari masyarakat."Kami akan tampung semua keluhan, dirangkum, dan dibawa langsung ke BKN," jelasnya. Waktu untuk itu dibuka dari tanggal 9-23 April 2012.

Sementara 86 honorer yang tidak lolos, hingga saat ini belum diketahui penyebabnya oleh BKDD."86 honorer ini kami tidak tahu apa kekurangannya, karena semuanya BKN pusat yang tahu, kami hanya tahu terima hasil dan lakukan pengumuman," katanya.

Namun BKDD tidak akan diam begitu saja, tapi tetap akan memperjuangkan 86 honorer yang tidak lolos tersebut."Kami akan sampaikan juga semuanya ke BKN Pusat, pastinya kami akan perjuangkan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Tribun Manado, Rabu (11/4) sudah ada beberapa Honda yang lolos melapor ke BKDD, juga ada Honda yang tak lolos datang mengadu ke BKDD, dan semuanya diterima oleh BKDD.
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas