• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Manado

Layanan Pengadaan secara Elektronik Diluncurkan di Minsel

Selasa, 10 April 2012 19:27 WITA
Layanan Pengadaan secara Elektronik Diluncurkan di Minsel
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Bupati minsel meresmikan progran LPSE Minsel, selasa (10/4/2012).
Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus


TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG
- Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di Minahasa Selatan resmi diluncurkan, di Gedung Waleta, Selasa (10/4/2012).

Sistem pengadaan berbasis internet tersebut, nantinya akan digunakan oleh SKPD untuk mengumumkan tender, termasuk proses tender sampai pada pengumuman pemenang tender. "Pengadaan akan mudah dilaksanakan, dan tampilannya sederhana," jelas Direktur e-Procurement Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Ikak Gayuh Patriastomo.

Melalui program ini seluruh Kepala SKPD lebih mudah mengetahui proses pelelangan, dan semua pelaku usaha  bisa ikut pelayanan secara elektronik."Sesuai perpres 54 tahun 2010, seluruh lelang harus dilakukan secara elektronik, tentang pengadaan barang dan jasa, dan Inpres 17 tahun 2010, tentang rencana aksi pencegahan korupsi, sebanyak 40 persen sistem harus menggungakan sistem elektronik," jelasnya.

menatakan, Minsel termasuk sangat cepat dalam pembentukan LPSE. "Karena kalau di daerah lain, butuh waktu bertahun-tahun dalam pembentukan, tapi Minsel cuma sebulan," jelasnya.

Ia menambahkan, Minsel harus siap dalam melaksanakan LPSE."Harus bikin siap, dan kalau ada masalah LKPP akan back up, kalau ada masalah berkaitan LPSE," jelas dia.

LKPP akan bertanggungjawab jika ada kerusakan."Kalau sistem down kami akan kirim orang untuk perbaiki,"jelasnya. Menurutnya, aplikasi ini sangat aman, dan security filenya menggunakan sandi negara, sehingga aman dari gangguan hacker," katanya. Menurutnya, data tersebut akan disimpan selama 10 tahun.

Para kontraktor, nantinya akan mengirimkan data menggunakan aplikasi."Unwising melalui sistem online, antara penitia dengan penyedia jasa atau kontraktor, dan tidak akan diketahui oleh orang lain," jelas dia.

Bupati Minsel Christiany Paruntu mengapresiasi LPSE, karena menurutnya program tersebut meringankan bagi para penyedia jasa."Tidak diperlukan penyerahan dokumen fisik, dan semua orang bisa mengakses, sehingga bisa diawasi oleh semua orang," jelasnya.

Dengan adanya sistem ini, akan tercipta persaingan sehat. "Prosesdurnya sederhana, saya merasa aman, karena saat sekarang ini kita musti hati-hati, terutama tentang pengadaan, dan ini jadi kebanggan kita," ujarnya. (amg)
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Anthonius_Iwan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
65629 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas