• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Manado

Tiga Pastur Pimpin Misa Kamis Putih Katedral Manado

Jumat, 6 April 2012 00:28 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Robertus Rimawan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
- Gerimis dan embusan angin warnai rangkaian Tri Hari Suci di pekan sengsara Yesus. Tiga pastur pimpin Misa Kamis Putih di Gereja Hati Tersuci Maria Katedral Manado, Kamis (5/4/2012) mulai pukul 20.00 Wita.

Pastur Paroki Wens Mawitjere ditemani dua pastur memimpin misa mengenang perjamuan terakhir Yesus yang diikuti ratusan umat Katolik.

Gereja penuh, tenda dengan ratusan kursi di sayap kanan juga dipadati umat. Misa berjalan khidmat meski gerimis sempat membuat beberapa umat membawa kursi masuk ke dalam tenda.

Lagu Daerah di Sulut berjudul Opo Wananatas berkumandang di dalam gereja. Lagu berbahasa asli Minahasa ini merupakan pujian kepada Tuhan, lagu ini tidak hanya dinyanyikan umat Katolik namun biasanya juga berkumandang di Gereja Kristen lainnya.

Pastur Wens dalam kotbahnya menyatakan penyertaan Yesus, pelayanan dengan segala kasihnya harus dipraktikkan di masyarakat.

"Kasih bukan hanya dibatasi di lingkup tertentu namun dilakukan secara luas," ujarnya. Ia mengaku bersyukur perayaan Tri Hari Suci bertepatan dengan pengukuhan Imamat.

Sehari sebelumnya Uskup Manado Mgr Yosef Suwatan dikelilingi sekitar 100 Imam kembali mengukuhkan janji Imamat. Janji Imamat merupakan bagian dari Ekaristi, Imam menjadi kepanjangan Tuhan untuk mengenang kasih Yesus, mengenang perjamuan-Nya bersama murid-murid.

Prosesi mengenang pembasuhan kaki para murid oleh Yesus juga dilakukan. Pastur Wens membasuh kaki 12 orang perwakilan umat yang sudah disiapkan.
Pembasuhan kaki merupakan simbol pelayanan dan kasih.

Seusai misa dilakukan Perarakan Sakramen Maha Kudus. Piala Maha Kudus yang diarak keliling, umat berlutut saat perarakan melewati di depannya.

Acara selanjutnya adalah tuguran yaitu proses mengenang malam sengsara Yesus. Masing-masing wilayah sudah dibagi jadwalnya untuk mengikuti tuguran hingga nanti tengah malam.

Berikut jadwal tuguran :

Pukul 22.00-22.30 : Wilayah Rohani Santa Theresia Lisieux, Santa Theresia Avila, Santo Blasius dan St Joseph (pemimpin).

Pukul 22.30-23.00 : Wilayah Rohani St Antonius, Sta Lucia, St Paulus (pemimpin), St Petrus.

Pukul 23.00-23.30 : Wilayah Rohani HTM (pemimpin), Sta Barbara, Sta Agata dan Pacelli.

Pukul 23.30-24.00 : Sta Faustina/ Biara St Yoseph, St Yohanes dan Mudika Katedral (pemimpin Sr Margaretha Wasti.

Selanjutnya, Jumat Agung, mengenang Sengsara Tuhan, Jumat (6/4). Pada pukul 7.00 Wita Ibadat Jalan Salib, dan untuk Misa Jumat Agung dilaksanakan pukul 15.00 Wita.

Paskah
Misa Vigili Paskah, Sabtu (7/4), pukul 22.00 Wita.
Misa Paskah, Minggu (8/4).
Misa I pukul 6.00 Wita, Misa II pukul 8.30 Wita dan Misa III pukul 18.00 Wita.
Paskah II, Senin (9/4).
Misa I pukul 6.00 Wita, Misa II pukul 8.00 sekaligus penerimaan Sakramen Pemandian untuk anak-anak. (rob)
Penulis: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas