Senin, 22 Desember 2014
Tribun Manado

Ternyata Serpihan Kecoa yang Picu Alergi Cokelat

Sabtu, 31 Maret 2012 13:57 WITA

Ternyata Serpihan Kecoa yang Picu Alergi Cokelat
shutterstock
TRIBUNMANADO.CO.ID - Reaksi alergi yang muncul setelah mengonsumsi cokelat kemungkinan besar timbul karena adanya partikel tubuh kecoa yang masuk dalam produk cokelat. Dalam sebatang cokelat bisa terkandung sekitar 8 partikel kecoa.

Menurut badan Food and Drug Administration (FDA), adanya 60 bagian serangga dalam 100 gram cokelat masih dianggap aman untuk dikonsumsi. Bagian tubuh serangga ini termasuk dalam pencemar alami makanan.

Pakar alergi mengatakan, menghindari cemaran alami dalam makanan hampir tidak mungkin. Selain di cokelat, partikel kecoa juga ditemukan di selai kacang, makaroni, buah, keju, popcorn, dan terigu.

Alergi pada partikel kecoa dalam makanan pertama kali dilaporkan pada tahun 1943 dan tes kulit untuk menguji alergi kecoa mulai dilakukan di tahun 1959. Alergi pada kecoa pada umumnya bisa diatasi dengan suntikan alergi yang mengandung sedikit bagian serangga.

Menurut Morton Teich, pakar alergi dari Mount Sinai School of Medicine, cemaran dari bagian tubuh dan cairan kecoa sulit dihindari karena biasanya terjadi di perkebunan atau pengolahan biji cokelat. (*)
Editor: Anthonius_Iwan
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas