Tips

Ini Tips Tidur Seranjang dengan Bayi

Tidur seranjang dengan bayi punya banyak manfaat. Soal keamanan tidur seranjang, tak perlu diragukan.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tidur seranjang dengan bayi punya banyak manfaat. Soal keamanan tidur seranjang, tak perlu diragukan. Menurut dr Hadining, SpA, ibu memiliki insting untuk tidak menindih bayinya. Namun untuk lebih amanya, ibu sebaiknya mematuhi rambu-rambu tidur seranjang dengan bayi. Sehingga risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindrom kematian mendadak pada bayi akibat tidur seranjang menjadi sangat minimal.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan bila menginginkan program seranjang ini berjalan aman dan nyaman:
* Gunakan tempat tidur berukuran besar. Sebagian ibu merasa perlu memberikan jarak pada tempat tidur, agar bayi tidak mudah terbangun karena gerakan tubuh ibu saat sedang tidur.
* Upayakan bayi tidur telentang dan tidak tengkurap. Bila tengkurap khawatir terhadi SIDS.
* Posisi bayi yang tepat bila tidur seranjang adalah berbatas dengan dinding dan ibunya. Dengan demikian anak terlindung, dan kecil kemungkinannya terjatuh.
* Hindari water bed atau tempat tidur yang terlalu empuk, juga jangan gunakan terlalu banyak bantal dan guling, karena bayi bisa "terjepit" di dalam lekukannya.
* Pastikan ukuran kasur pas dengan ranjang untuk menghindari bayi terjepit di antara tempat tidur dan kasur.
* Gunakan seprai yang tak mudah lepas untuk menghindari bayi tertutup seprai dan menghambat jalan nafasnya.
* Disarankan ibu menggunakan pakaian simpel. Hindari baju berpita panjang atau gaun tidur lebar yang kira-kira berisiko membahayakan bayi. Hindari juga mengenakan berbagai perhiasan agar tidak bayi. (kompas/Utami Sri Rahayu)

Editor: Anthonius_Iwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved