Jumat, 3 Juli 2015

Pasar Mobil Mewah di Indonesia Kian Meroket

Rabu, 28 Maret 2012 09:28

Pasar Mobil Mewah di Indonesia Kian Meroket
TRIBUNMANADO/RIZKI ADRIANSYAH

Maserati adalah merek mobil mewah asal Italia. Mobil ini dulunya diimpor dan dipasarkan dalam bentuk completely built-up (CBU) oleh PT Citra Langgeng Otomotif yang juga memasarkan mobil sport Ferrari. Setelah dipegang Tiara Cahaya Otomotif yang sejatinya masih satu grup dengan Citra Langgeng Otomotif, Maserati diharapkan tidak akan berada di bawah bayang-bayang Ferrari lagi.

Irvino Edwardly, Chief Executive Officer (CEO) Tiara Cahaya Otomotif (TCO) berharap, dengan pemisahan manajemen ini, maka perusahaannya akan dapat lebih leluasa mengenalkan brand Maserati kepada masyarakat. "Market share mobil premium, kami akui masih kecil, namun kami harap akan terus berkembang,” katanya kepada KONTAN, Selasa (27/3).

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, pangsa pasar mobil premium tahun ini diprediksi hanya sebesar 1% dari total penjualan mobil nasional yang sebesar 930.000 unit sampai 950.000 unit. Jumlah itu naik tipis dibanding realisasi penjualan pada 2011 yang sebesar 0,8%-0,9% atau 8.090 unit dari total penjualan mobil nasional yang mencapai 890.000 unit.

Walau pasarnya sangat tipis, Irvino optimistis, Maserati mampu bersaing di pasar mobil premium. Apalagi melihat pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup bagus. Irvino pun memasang target bidikannya pada orang kaya yang mempunyai bisnis di sektor pertambangan, batubara, dan properti.

Selain itu, untuk memperluas pasar, Irvino bakal menyasar Surabaya, Medan, Banjarmasin, dan Bali. Untuk merambah kota-kota ini, Tiara Cahaya sedang mencari partner baru.

Nah, untuk mencapai target penjualan sebanyak 20 unit sampai 30 unit di tahun ini, Tiara Cahaya akan mengimpor Maserati dari negara asalnya dalam bentuk CBU sebanyak dua hingga tiga unit setiap bulan.

Untuk saat ini, ada tiga model Maserati yang sudah siap diboyong, yaitu Maserati Quattroporte di segmen sedan premium, Maserati Gran Turismo di segmen sedan sport empat kursi, dan Maserati GranCabrio untuk sedan sport. Pada Juni nanti, Maserati juga akan meluncurkan model Stradale di segmen sedan sport dua kursi.

Halaman12
Sumber: Kontan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas