• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Manado

Pakar Bunga Amerika Uji Warga Kalasey Merangkai Bunga

Senin, 26 Maret 2012 16:51 WITA
Pakar Bunga Amerika Uji Warga Kalasey Merangkai Bunga
TRIBUNMANADO/ANDREW PATTYMAHU
Baru- baru ini puluhan peserta keterampilan merangkai bunga mengikuti ujian kompetensi di Lembaga Keterampilan Pendidikan (LPK) Larat yang berlokasi di Desa Kalasey, Minggu (25/3/2012).
Laporan Wartawan Tribun Manado, Andrew A Pattymahu

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
- Apa saja yang namanya keterampilan pasti akan mendatangkan nilai ekonomi bila diseriusi dan dikembangkan usahanya. Baru- baru ini puluhan peserta keterampilan merangkai bunga mengikuti ujian kompetensi di Lembaga Keterampilan Pendidikan (LPK) Larat yang berlokasi di Desa Kalasey, Minggu (25/3/2012).

Peserta diharuskan untuk membuat 5 kreativitas bunga dan ini baru merupakan level pertama. Sebelum menggelar ujian kreativitas, peserta yang kebanyakana wanita ini harus melalui tes tertulis mengenai pengetahuan flower yang terdiri atas 50 pertanyaan.

Menurut Wendy Mandik AIFD CFD, pakar bunga lulusan Amerika serikat ini peserta yang lulus ujian normatif akan mendapatkan sertifikat resmi dari Departemen Pendidikan. "Selain itu mereka akan mampu membukq usaha sendiri untuk menambah nilai ekonomi keluarga," ucap tim penilai ini yang didampingi Henny Bronkhorst Paulus pemilik LPK Larat dan Isel Rawis Bronkhorst, Senin (26/3).

Ujina praktek tersebut berlangsung selama tiga jam dan masing-masing peserta harus membuat sebanyak lima rangkaian bunga kratifitas sendiri. Mandik menambahkan ini merupakan uji kompetensi pertama yang digelar di Sulawesi Utara.

Memang kompetensi ini diikuti oleh wanita-wanita, tetapi ada juga satu peserta pria yang terlihat antusias mengikuti program tersebut. Hendrik peserta pria kepada Tribun Manado menuturkan, selain hobi sejak duku dalam merangkai bunga, memamng juga terbuka peluang usaha jika ia tahu merangkai bunga.

Uji kompetensi merangkai bunga dan desain floral ini juga turut didukung Pemprov Sulut khususnya Dinas Pendidikan. Henny Bronkhorst Paulus tidak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya atas keterlibatan pemerintah. (dru)
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
64339 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas