Minggu, 23 November 2014
Tribun Manado

Bitung Utus Tarian Maengket di Festival Malesung

Sabtu, 24 Maret 2012 20:27 WITA

Bitung Utus Tarian Maengket di Festival Malesung
IST
Tarian Manegket dari Bitung pada pelaksanaan Festival Melesung di Jakarta
Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG -
Kemeriahan Festival Malesung tahun 2012 yang dilaksanakan di Jakarta, ternyata menarik simpati Wakil Walikota Bitung Max Lomban. Bersama dengan ketua TP PKK Bitung Dra Khouni Lomban Rawung, dan Kadis pariwisata dan kebudayaan Benny Lontoh menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut.

"Festival Malesung merupakan festival Kawanua tingkat Nasional yang digagas oleh Yayasan Institut Seni Budaya Sulawesi Utara ( ISBSU ) yang diketuai oleh Brigjen Pol Benny Mamoto untuk memperkenalkan potensi seni masyarakat Kawanua kepada masyarakat luas," kata Lomban melalui surat elektroniknya, Sabtu (24/3/2012).

Menurutnya festival Malesung tersebut sangat berdampak pada kebudayaan yang dimiliki provinsi Sulut untuk dipertunjukan kepada masyarakat luas. "Dimana dengan kegiatan tersebut potensi seni masyarakat Kawanua tidak kalah dengan potensi seni yang dimiliki masyarakat Indonesia lainnya," tambahnya.

Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan rutin yang menjadi agenda tetap Yayasan Institut Seni Budaya Sulawesi Utara dalam rangka menunjang program pariwisata dan budaya.

"Kota Bitung sendiri ikut andil dalam festival tersebut dengan mengiksertakan Tarian Maengket ketegori dewasa dari Benteng wanua Danowudu kecamatan Ranowulu, binaan Benny Tengker dan kategori remaja diwakili oleh SMP Negeri 1 Bitung," kata dia.

Terpisah kepala dinas Pariwisata dan kebudayaan kota Bitung mengatakan banyak yang dapat diperoleh dari festival Malesung tersebut. "Kami bisa memperkenalkan kepada masyarakat luas, kalau di Bitung ada tarian Maengker dan kebudayaan lain," kata Benny Lontoh.

Ia berharap pada pelaksanaan ditahun selanjutnya, kota Bitung bisa mengikutserkatan semua kebudayaan yang dimiliki. "Seperti tarian Cakalang, masamper, musik bambu, tarian kabasaran, dan lainnya," tandasnya.(crz)
Penulis: Christian_Wayongkere

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas