• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 16 September 2014
Tribun Manado

Pembangunan di Minahasa Selatan Harus Diawasi oleh Masyarakat

Rabu, 21 Maret 2012 21:41 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus


TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG
- Pembangunan untuk rakyat menjadi fokus utama dalam pembahasan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Minahasa Selatan, di Golden Charity, Rabu (21/3/2012).

Musrenbang tersebut dihadiri oleh Bupati Minsel Tetty Paruntu bersama seluruh SKPD, Ketua DPRD Boy Tumiwa bersama anggota dewan, Forum Pimpinan Daerah (Forpida) bersama Kepala Bappeda Provinsi Sulut yang diwakili Kepala UPT Litbang Provinsi Sulut Ir Flora Saumana, dan legislator Sulut James Sumendap, juga seluruh para Camat se Minsel.

Pembukaan Musrenbang tersebut sempat molor sekitar empat jam dari yang dijadwalkan pukul 09.00, dan baru mulai pukul 13.00 Wita, dan dibuka oleh Bupati Minsel Tetty Paruntu.

Musrenbang tahun 2012 ini mengangkat tema rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan tahun 2013 . Dibuka oleh Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu.

Paruntu dalam sambutanya mengatakan bahwa Musrenbang merupakan sarana menentukan masa depan Minsel, khususnya yang akan dilaksanakan pada 2013 dalam bidang pembangunan. "Pembangunan harus dilaksanakan berdasarkan keperntingan rakyat, karena seluruhnya memang milik rakyat," jelas dia.

Ia menambahkan, masyarakat harus diposisikan sebagai objek dan subjek dalam pembangunan. "Pembangunan harus dilibatkan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, juga pemanfaatannya, semua harus dirasakan oleh masyarakat," ucap dia.

Untuk itu, dalam pembangunan berbasis rakyat bisa dilaksanakan dengan melakukan pendekatan teknokratis dan proses politis.
"Semuanya dijabarkan dengan mekanisme Top Down Planning dan  Bottom Up Planing yang dilaksanakan secara partisipatif," jelasnya.

Namun, diakuinya, semua masalah tak mungkin diselesaikan secara instan karena bersifat sinergitas. "Mari hasilkan bersama keputusan yang cerdas dan konstruktif untuk Minahasa Selatan," jelas dia.(amg)
Penulis: Alpen_Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
63755 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas