Pertahanan Militer

Besok Lantamal VIII Manado Berganti Nahkoda

Ini pertama kali saya menginjakkan kaki di Manado. Indah sekali di sini.

Besok Lantamal VIII Manado Berganti Nahkoda
ISTIMEWA
Penyerahan memorandum sertijab danlantamal VIII manado.
Laporan Wartawan Tribun Manado Fernando Lumowa


ISTIMEWA/ Laksma Guguk Handayani

Laksma Guguk Handayani
Pendidikan
Akademi AL Angkatan 28 1983
Dik Spespa/Art TA
Sus Pariksa
Diklapa Koum Angkatan-5
Sesko AL Angkatan 34
Sesko TNI Angkatan 33

Kepangkatan
Letnan Dua (1 feb 1983)
Letnan Satu (1 april 1985)
Kapten (1 april 1989)
Mayor (1 april 1994)
Letnan Kolonel (1 april 1998)
Kolonel (1 april 2003)
Laksma (10 mei 2011)

Jabatan
DPB Denmako Armada
Aspadiv Bah KRI Multatuli
Paban KRI Multatuli
PA Muat KRI TBO
Palaksa KRI SRI SKD
Palaksa KRI Sigau-857
Komandan KRI Sikuda-863
Kadep Ops KRI Ngurah Rai-344
Palaksa KRI Teluk Peleng-535
Pasops Satfib Armabar
Komanda KR Teluk Cirebon-543
Komandan KRI Teluk Bone-511
Komandan Lanal Dumai
Asops Danguskamla Koarmabar
Komandan Satfib Koarmabar
Asops Kolinlamil
Staf Ahli Panglima Koarmabar
Kabidwil Perbatasan Ur Tata Ruang Pertahanan dan Wiltas Menko Polsokamur
Wadan Lantamal I Belawan
Dosen Seskoal
Direktur Ditdik Seskoal
Ka Seklem Seskoal
Asisten Deputi 5-IV Bidang Koodinasi Kekuatan Kemampuan dan Kerjasama Menkopolhukam
Danlantamal VIII Manado.

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Laksamana Pertama (Laksma) Guguk Handayani baru pertama kali menginjakkan kaki di bumi Nyiur Melambai, Senin (27/2/2012). Mulai Selasa (28/2), ia akan menjabat Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado menggantikan Laksma Sugianto SE MAP.

Lulusan Akademi AL Angkatan 28 tahun 1983 ini mengaku kagum dengan sikap terbuka warga Sulut.  "Ini pertama kali saya menginjakkan kaki di Manado. Indah sekali di sini. Saya terkesan dengan kerukunan antar umat beragama di sini. Warganya ramah, supel dan bersikap terbuka, pintar bergaul," kata Handayani.

Baru sehari di Manado, Handayani langsung mencoba makanan khas Manado, ikan woku belanga. "Wah, enak benar. Apakah ikan atau ayam, dimasak seperti itu nikmatnya. Cakalang fufu juga sudah. Saya pingin coba semuanya," kata jenderal bintang satu ini.

Bicara prioritas tugas, ia mengaku akan melanjutkan kebijakan dan program yang sudah dijalankan pejabat lama. "Melanjutkan saja apa yang baik dipertahankan dan berusaha meningkatkan. Tentu saja membina hubungan dengan pemerintah daerah dan mendukung pembangunan daerah. Pokoknya saya ingin memberi manfaat positif," katanya.

Sebelum dipercayakan sebagai Danlantamal VIII Manado, Handayani berdinas sebagai Asisten Departemen 5-IV Bidang Kordinasi Kekuatan Kemampuan dan Kerjasama Menko Polhukam. Ia putra kelahiran Probolinggo Jatim, 4 Maret 1960. Handayani menikah dengan Hj Erny Hendrarini. Putra mereka, Lettu Laut (P) Senopati Yudho Wibisono , Letda (Inf) Senopati Prakoso dan Dewi Prameswari Handayani.

Ia mengawali karir dengan pangkat Letnan Dua. Sejumlah jabatan yang pernah disandangnya, antara lain, Komanda KR Teluk Cirebon-543, Komandan KRI Teluk Bone-511, Danlanal Dumai, Komandan Satuan Amfibi Komando Armada Barat, dan Wadanlantamal I Belawan (selengkapnya lihat grafis).

Sedangkan penggantinya, Laksma Sugianto SE MAP selanjutnya akan bertugas sebagai Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) di Surabaya. Masa tugas selama 11 bulan 4 hari serasa singkat bagi Sugianto. "Waktu sepanjang itu  rasanya baru kemarin sore. Banyak sekali kenangan, sanak kerabat dan kenalan yang saya dapat di Manado," kata Sugianto didampingi istri Rurin Sri Wulandari.

Penugasan di Manado baginya sangat berkesan. Alasannya, karakteristik warga Sulut yang terbuka. "Rasa-rasanya jika saya diberi pilihan, tinggal di Manado. Namun ini tugas negara. Sikap kerukunan dan keberbukaan warga Manado akan saya bawa ke tempat tugas baru," ujar perwira yang mengawali karir sebagai pilot pesawat TNI AL ini.

Kepada pejabat yang baru, ia berharap mempertahankan stabilitas keamanan di laut wilayah Lantamal VIII Manado serta program pemberdayaan potensi masyarakat yang sudah dirintis dengan Pemkab Minsel dan Bolsel. Demikian pula kesinambungan pembangunan Pangkalan AL (Lanal) Melonguane di Kepulauan Talaud yang sudah masuk tahap II, pembangunan fasilitas penunjang pangkalan seperti rumah prajurit, kantor dan dermaga kapal.

"Situasi kondusif sangat menunjang investasi. Nah, di sini tugas kita membantu Pemda dalam upaya pembangunan masyarakat. Saya harap kerjasama dengan Pemkab Minsel dan Boltim ditingkatkan. Kalau bisa digagas kerjasama lainnya di bidang pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Serah terima jabatan Danlantamal VIII akan dilaksanakan pagi ini mulai pukul 08.00 Wita. Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Ade Supandi akan memimpin upacara sertijab di halaman Mako Lantamal VIII.

Upacara sertijab ini akan dihadiri para undangan, mulai dari Gubernur Sulut, para bupati wali kota se-Sulut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), dan para Danlantamal se-Indonesia. (*/ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Robertus_Rimawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved