• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Manado

2014 Semua Keluarga Miskin Sulut Miliki Jaminan Kesehatan

Senin, 20 Februari 2012 17:17 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Lucky Kawengian

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO
- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut, dr Maxi Rondonuwu DHSM mengatakan, 2014 nanti semua masyarakat miskin akan dilindungi oleh jaminan kesehatan dari pemerintah.

Saat diwawancarai Tribun Manado, Senin (20/2/2012) di RSUD Noongan, Rondonuwu menjelaskan, jaminan kesehatan untuk masyarakat miskin ini akan diberikan dalam bentuk jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) dan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda). Khusus untuk program Jamkesda, Rondonuwu mengatakan, saat ini ada sekitar 192.000 sasaran Jamkesda. Jumlah ini sudah termasuk peserta di semua kabupaten/kota dan Provinsi Sulut.

"Setiap tahun kami selalu berusaha meningkatkan sasaran Jamkesda dan Jamkesmas. Target kami 2014 nanti semua keluarga miskin di semua kabupaten kota bisa dilindungi oleh program Jamkesda," ujarnya.

Kepala Dinkes Minahasa, dr Tineke Sumual juga mengatakan, pihaknya pasti bisa menjangkau semua keluarga miskin di Minahasa dengan program Jamkesmas dan Jamkesda pada 2014. Dirinya menjelaskan, total warga miskin yang telah masuk dalam program Jamkesmas mencapai sekitar 59.000 orang, dan program Jamkesda mencapai sekitar 4.000 warga miskin.

"Berdasarkan data statistik, masih ada sekitar 20.000 keluarga miskin di Minahasa yang masih harus dijangkau oleh program Jamkesmas dan Jamkesda. Kami optimis 2014 nanti semua warga miskin di Minahasa bisa mendapat pelayanan kesehatan gratis," ujarnya.

Terkait program Jamkesda, Sumual mengatakan, jumlah warga yang dilindungi oleh Jamkesda belum mengalami penambahan dibanding tahun sebelumnya. Menurutnya, anggaran di Pemkab Minahasa masih terbatas karena sebagian besar digunakan untuk membayar gaji pegawai.

"Kami akan kembali mengusulkan penambahan kuota peserta Jamkesda. Namun penambahan ini akan disesuaikan dengan keuangan daerah," ujarnya. (luc)
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas