• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Manado

Yulianto Dotulong: Banyak Dana Siluman saat Penataan Anggaran di Kotamobagu

Sabtu, 29 Oktober 2011 17:40 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Kevrent Sumurung


TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU
- Pada penaataan anggaran, ternyata banyak instansi di Pemerintah Kota (Pemko) Kotamobagu yang menyisipkan pengajuan dana siluman, dana yang tidak bersentuhan langsung untuk kepentingan masyarakat.

“Pada penataan anggaran di pemerintahan, sering ditemukan adanya dana siluman yang disisipkan untuk keuntungan sebagian instansi di lingkup Pemko Kotamobagu,” ucap Yulianto Dotulong, Anggota DPRD Kotamobagu kepada Tribun Manado, Sabtu (29/10/2011).
 
Temuan tersebut diketahui berkat adanya bimbingan teknis (bimtek) yang dilakukan wakil rakyat itu selama ini. “Nah, bimtek itu sangat bermanfaat bagi kami. Sebab dengan begitu kami bisa lebih paham aturan tentang penyusunan anggaran. Sehingga alokasi anggaran untuk rakyat bisa kami prioritaskan dan juga perjuangkan,” tegas Dotulong.

Dikatakannya, hajatan bimtek yang dilakukan pihaknya merupakan upaya untuk megimbangi eksekutif dalam hal ini Pemko Kotamobagu untuk melakukan penyusunan anggaran di wilayah itu. Sehingga Pemko Kotamobagu tidak bisa membodohi wakil rakyat terkait pengajuan anggaran.

“Dalam bimtek yang kami ikuti juga ada penjelasan mana saja yang masuk dalam kategori dana siluman. Sehingga dengan begitu kami bisa mengantisipasinya dengan menggeser dana tersebut untuk kepentingan rakyat di daerah ini,” tambahnya.

Dotulong juga berani mengatakan, kalau bukti pengetahuan dari bimtek selama ini yang mereka lakukan dapat dilihat dalam APBD Perubahan tahun 2011 maupun penyusuan  APBD tahun 2012 mendatang.
 
“APBD Perubahan tahun 2011 dan APBD ahun 2012 mendatang akan jauh berbeda dengan penataan APBD sebelumnya yang alokasi anggaran untuk rajkyuat dan pemerintah hamper sebanding. Sebab dalam APBD tahun 2012 nanti, pos anggaran untuk masyarakat akan lebih besar dari belanja pegawai,” tandasnya. (kev)
Penulis: Kevrent_Sumurung
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
48731 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas