• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Manado

Dengan Jaminan Inasoc, Semua Jurnalis Bebas Bea Masuk

Sabtu, 29 Oktober 2011 12:21 WITA
TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA -- Seluruh jurnalis yang meliput SEA Games bisa dibebaskan dari kewajiban membayar bea masuk jika lembaga penyelenggara SEA Games di Indonesia (Inasoc) memberi jaminan. Dengan demikian, seluruh peralatan peliputan SEA Games dari jurnalis asing tertebas dari semua pungutan kepabenan.

"Ini kan memang impor sementara, jadi tidak bayar bea masuk. Kalau bayar bea masuk, ya pasti mahal. Memang ada jaminan, namun kan cukup dengan jaminan dari panitia sini. Bisa Inasoc, KONI, atau Kemenpora," ungkap Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Agung Kuswandono di Jakarta, Sabtu (29/10/2011) di sela peringatan Hari Keuangan ke-65.

Berdasarkan aturan Ditjen Bea dan Cukai, impor sementara (setelah barang masuk ke wilayah pabean Indonesia, lalu dikirimkan lagi ke luar negeri) dibebaskan dari bea masuk. Namun, pembebasan ini membutuhkan jaminan. Ada empat jenis jaminannya, yakni uang tunai, custom bond, bank guarantee, dan jaminan tertulis.

Sebelumnya, sebuah stasiun televisi asal Thailand mengeluhkan tingginya uang jaminan atas pemasukan alat-alat liputannya, yang bisa mencapai Rp 4,5 miliar. Atas dasar itu, mereka mengancam akan membokiot SEA Games di Jakarta.

Sabtu pagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Kementerian Keuangan agar memberi kemudahan tarif bea cukai untuk wartawan asing yang meliput SEA Games XXVI di Palembang dan Jakarta.
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
47912 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas