Minggu, 23 November 2014
Tribun Manado

Dinkes Manado Siapkan Puskemas Cegah Flu Burung

Senin, 12 September 2011 19:41 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
-  Dinas Kesehatan (Dinkes) Manado telah mengantisipasi jika terjadi penyebaran virus flu burung (H5N1) dengan memberitahukan kepada seluruh Puskesmas agar selalu waspada terhadap virus yang disebarkan melalui unggas tersebut.

Demikian dikatakan Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Joy Zeekeon di ruang kerjanya, Senin (12/9/2011). "Kami sudah mengantisipasinya melalui Puskesmas agar cepat tanggap jika diketahui ada masyarakat yang dicurigai terkena flu burung," ujarnya.

Selain itu, menurut dia Pemerintah Provinsi (Pemprov) juga telah memberi bantuan berupa tami flu, yang akan diberikan kepada warga jika ada yang terkena H5N1. Namun bantuan yang diberikan tidak terlalu besar, hanya untuk berjaga-jaga saja.

Pihaknya juga telah bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan untuk memantau langsung ke pasar, untuk mengetahui apakah virus tersebut telah masuk ke Manado. Namun sejauh ini dari hasil pemantauan belum ditemukan warga yang terkena flu burung.

"Sampai saat ini di Manado belum ada yang positif terkena flu burung, hanya tahun lalu saja terdapat warga yang suspect," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Manado Ricky Poli mengungkapkan pihaknya telah melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus H5N1 dari luar daerah, dengan melakukan pemblokiran di pintu-pintu masuk ke Manado, seperti di Malalayang.

Selain itu, pihaknya juga mengawasi dengan ketat ayam-ayam yang masuk ke Manado. Jika diketahui ada yang positif terdapat virus tersebut, pihaknya langsung melakukan pemblokiran. Namun sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya unggas yang terkena flu burung.
Penulis: Herviansyah
Editor: Rine_Araro

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas