• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribun Manado

Jaksa akan Ajukan Kasasi Putusan Bebas Kasus Pembunuhan di Kantor Provider

Senin, 18 Juli 2011 17:49 WITA
Jaksa akan Ajukan Kasasi Putusan Bebas Kasus Pembunuhan di Kantor Provider
Suasana persidangan di PN Manado tentang kasus dugaan pembunuhan di kantor provider telekomunikasi, Senin (18/7/2011).
Laporan Wartawan Tribun Manado Reza Pahlevi


TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rilke J Palar akan melakukan kasasi terhadap putusan bebas majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Manado kepada terdakwa Hilman Balamba yang didakwa melakukan penganiayaan berujung kematian Syarif Wahab pada 6 Desember 2010.

"Kita akan upaya hukum, kan masih ada upaya hukum," ujar Palar kepada Tribun Manado seusai persidangan, Senin (18/7/2011).

Terdakwa sebelumnya dijerat Pasal 351 ayat 3 KUHP tentang penganiayaan yang menyebakan kematian oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan tuntutan selama 6 tahun. Namun majelis hakim memvonis bebas sehingga Palar beranggapan hal ini terjadi ketimpangan secara logika.

"Secara logika majelis hakim mempunyai kewenangan membebaskan itu menurut dia. Tetapi kami punya upaya-upaya hukum lagi yang akan menjerat terdakwa yaitu melakukan kasasi," jelasnya.

Terkait Majelis hakim yang beranggapan bahwa jaksa penuntut umum (JPU) telah gagal membuktikan bahwa terdakwa Hilman Balamba melakukan tindak pidana. Karena berdasarkan hasil visum bahwa penyebab kematian korban dikarenakan diinjak dengan telapak kaki telanjang di samping kiri perut korban.

Sementara dakwaan JPU menjelaskan bahwa kematian korban akibat adanya pukulan menggunakan tangan kanan di samping kiri perut korban

Palar mengatakan bahwa dakwaan berdasarkan berita acara pemeriksaan (BAP) dari Polres Kota Manado. "Tidak (gagal). Karena kami kan sudah membaca berita acara pemeriksaan dari penyidik," jelasnya.

Mengenai adanya kemungkinan pelaku baru karena berdasarkan visum bukan dilakukan terdakwa. Palar mengatakan, hal tersebut merupakan kewenangan dari penyidik. "Mengenai tersangka lain itu kewenangan penyidik untuk mencari pelaku-pelaku lain selain dia," jelas Palar. (rez)
Editor: Anthonius_Iwan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
13710 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas