Selasa, 23 Desember 2014
Tribun Manado

Kepala Badan Vulkanologi : Ini Bukan Letusan Terakhir

Kamis, 14 Juli 2011 23:37 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada dan Kevrent Sumurung

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON
-- Surono, Kepala Badan Vulkanologi mengatakan letusan Kawah Tompaluan Gunung Lokon berpeluang terjadi lagi. Sebab, suplai energi dari dalam gunung masih terlihat melalui sesmograf yang terindikasi dari adanya gempa vulkanik.

"Ini bukan letusan terakhir, masih berpeluang terjadi karena ada suplai," ujarnya beberapa saat setelah tiba di Pos Pemantau Gunung Api Lokon, Jumat (15/7).

Ia berharap warga tidak panik tapi tetap waspada dari ancaman bahaya. Sejauh ini belum terlihat adanya awan panas yang meluncur dari kawah. "Saya berharap tak ada awan panas, karena keselamatan jiwa yang utama," jelasnya.

Surono sempat berbincang dengan Gubernur Sulut SH Sarundajang dan Wagub Sulut  pasca letusan mengabarkan kondisi seputar kawah dan material yang dimuntahkan.

Saat letusan petugas pemantau sempat terlihat panik dengan berlari keluar melihat situasi serta meminta memastikan warga tak beraktifitas di radius 5 Km.

Api yang timbul diseputaran kawah akibat lontaran batu pijar masih terlihat, dan menjadi tontonan warga. Belum dilaporkan adanya korban jiwa.

Letusan juga mengakibatkan rapat penanganan bencana yang dipimpin Plt Wali Kota Jimmy Eman tiba-tiba bubar. Rapat mengagendakan penanganan bencana dan pemindahan pengungsi dari lokasi ungsian sekarang ke lokasi yang baru tak tuntas hingga akhir. "Rapat langsung bubar, karena Pak Wali Kota bergegas pergi setelah mengetahui Gunung Lokon meletus," ujar E Polii, Lurah Kakaskasen I.

Ia mengaku bersyukur karena tak ada korban warga di wilayahnya. "Beruntung sudah diungsikan terlebih dahuluy," tukasnya. (War/kev)
Editor: Rine_Araro

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas