Sabtu, 27 Desember 2014
Tribun Manado

K-09 Pomal Lantamal VIII Tumpas GPK

Selasa, 22 Februari 2011 11:18 WITA


Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID
, MANADO-Pasukan K-09 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) berhasil membekuk Gerombolan Pengacau Keamanan (GPK) di daerah perbatasan. Hal tersebut terjadi ketika para anggota sedang melakukan patroli rutin, Selasa (22/2).

Para anggota GPK tersebut meletakan dua buah kardus yang berisi bahan peledak. Mereka berencana akan meledakannya ketika anggota K-09 Pomal melintasinya. Namun sebelum diledakan, oleh anjing pelacak berhasil terdeteksi dan diamankan oleh petugas Pomal. Kemudian setelah itu mereka mengadakan penyelidikan dan berhasil menemukan barang GPK yang tercecer berupa topi. 

Dari topi itulah anjing pelacak dari Pomal yang kemudian bekerjasama dengan K-09 Polda Sulawesi Utara (Sulut) lalu mengendus keberadaan mereka, yang ternyata bersembunyi di rumah penduduk. Mereka terdiri dari tiga orang. Para anjing pelacak yang berjumlah tiga ekor kemudian memperingati GPK tersebut untuk keluar, namun gerombolan tersebut tidak mau keluar. Akhirnya terjadi baku tembak antara anggota Pomal dan gerombolan bersenjata. 

Akhirnya satu anggota berhasil dilumpuhkan, dan tewas di tempat. Sedangkan kedua anggota lainnya melarikan diri. Namun karena kesigapan anggota K-09 Pomal yang bekerjasama dengan Polda Sulut berhasil melumpuhkannya. Sedangkan yang tewas kemudian dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan visum. Sedangkan bagi gerombolan yang tertangkap setelah diselidiki ternyata satu di antaranya adalah anggota TNI AL yang disersi.

Hal tersebut merupakan simulasi yang dilakukan dalam rangka HUT Pomal ke-65 yang diadakan di Markas Lantamal VIII. Sebagai Inspektur upacara dalam acara tersebut adalah Komandan Lantamal VIII (Danlantamal) Laksamana Pertama Agus Purwoto.

Dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Suparno yang dibacakan oleh Laksma Agus Purwoto mengatakan anggota Pomal harus memiliki moral yang tinggi karena merupakan sentral dari penegakan disiplin para prajurit TNI AL. "Selain itu pula harus meningkatkan keimanan kepada Tuhan yang maha esa," katanya. 
Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas