Sabtu, 29 November 2014
Tribun Manado

Warga Robohkan Tower Sutet Pineleng

Senin, 7 Februari 2011 15:37 WITA

Warga Robohkan Tower Sutet Pineleng
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Warga Robohkan Tower Sutet Pineleng
Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
- Tower Sutet di Perumahan wale Pineleng Desa Pineleng di bongkar paksa warga, Senin (7/2/2011). Warga bersama Organisasi masyarakat Walhi, Mapala Fakultas Sastra Arsas, dan LBH Manado berkumpul di bawah Tower Sutet. Dua pria, yakni  Edo direktur Wahli Sulut, dan Aris Mapala Arsas melakukan pemanjatan Tower. Berdua mereka menggunakan kunci inggris membuka satu persatu mur besi yang terpasang.

Cuaca hujan sempat menyulitkan pembongkaran, pasalnya pembongkaran dilakukan secara manual dengan memanjat tower. seutas tali pengaman diikatkan untuk mencegah jatuh.

Hellen Putong, Warga Wale Pineleng, koordinator aksi tersebut mengatakan tower didirikan pengembang tanpa dasar hukum jelas. Hellen juga menakutkan efek samping jika tower dibangun. "Kami dan anak-anak kami bisa kena efek samping  radiasi, kemudian tanah labil bisa menyebabkan longsor, apalagi pemukiman kami berada di bawah," tuturnya kepada Tribun Manado.

Aryati Rahman, Ketua Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (KLMND) yang turut membantu warga merobohkan tower mengatakan pengembang membangun tower merugikan masyarakat

"Pendirian tower ini merugikan warga wale pinelng merugikan masyartakat menggangu kesehatan masyarakat. Untuk pendirian tower harus steril tidak di perumahan, apalagi pembangunan tanpa landasan hukum, tidak ada izin tertulis, sosialisasi kurang," katanya.
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Rine_Araro

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas